<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d19174234\x26blogName\x3dManajemen+Media+Penyiaran\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://media-penyiaran.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://media-penyiaran.blogspot.com/\x26vt\x3d-1145154740316700406', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Manajemen Media Penyiaran

Tuesday, November 29, 2005

Persiapan Tugas Akhir MMP


Selamat pagi, siang, sore dan malam…..

Berkaitan dengan tugas akhir mata kuliah Manajemen Media Penyiaran, teman-teman mahasiswa bisa mulai mengerjakan dari sekarang dengan saya pandu melalui kekurangan dari hasil tugas mid semester kemarin. Sehingga, sampai saatnya nanti Anda telah siap dengan tugas akhir, meskipun sampai saat ini kita belum bisa ketemu di kelas.

Berikut ini beberapa masukan untuk perbaikan dari proposal yang sudah dibuat dan dipresentasikan kemarin. Masukan saya buat berdasarkan kelompok, untuk didiskusikan kembali dan dilengkapi kekurangannya. Apabila ada yang belum jelas bisa menghubungi saya; via sms, e-mail, atau comment di blogspot.

Kelompok : I Radio (Acara IDAMAN)
Ide dan gagasan bagus, karena memberikan variasi baru untuk program acara quiz yang biasanya monoton, atau hanya sesuai pesanan sponsor.

Masukan :- Tugas yang telah dikumpul adalah company profile (data media) I Radio, bukan proposal pembuatan program acara. Perbaiki format-nya.
- Berikan alasan yang jelas mengapa ditayangkan di akhir tahun 2005, mengapa memilih waktu hari Sabtu dan Minggu, pukul 18.00 – 20.00 wib ? Apa kekurangan dan kelebihan saat-saat itu ?
- Dalam tahapan perencanaan, disebutkan ada survey yang dilakukan, bagaimana bentuk, metode dan hasil survey-nya ?
- Lengkapi dengan data audience usia tersebut di kota Jogja (demografis dan psikografis-nya).
- Lengkapi dengan data program acara quiz yang pernah disiarkan di I Radio, sehingga akan lebih jelas lagi bahwa quiz ini memang berbeda dengan yang pernah ada.
- Buat deskripsi acara dan rundown acara secara lebih detail (lihat contoh).
- Buat struktur organisasi, alur kerja, dan job description.
- Buat budgeting untuk pembuatan program acara ini.
- Silahkan lengkapi dengan sample, apabila ingin mendapat nilai ++.



Kelompok : Japemethe
Gagasan menarik, karena menawarkan konsep acara yang berbeda untuk audience anak muda, tidak semata-mata hiburan tapi menawarkan program budaya.

Masukan :
- Perlu diperjelas bagaimana konsep acara ini akan bisa diterima oleh anak muda, apa factor penghambatnya atau apa factor yang mendukungnya (bisa dengan analisa SWOT).
- Kalau perlu lakukan survey untuk mengetahui kebutuhan acara bagi anak muda, atau bagaimana pendapat anak muda tentang budaya. Katanya dulu mau melakukan survey, gimana ? Sudah dilakukan belum ? (Nilai + kalau nanti disertai dengan hasil survey)
- Selain itu, lengkapi dengan data demografi dan psikografi sesuai dengan target audience kelompok Anda.
- Sumber materi lebih didetailkan; literaturnya apa saja dan narasumbernya siapa saja ?
- Buat deskripsi acara dan rundown acara secara lebih detail (lihat contoh).
- Buat struktur organisasi, alur kerja, dan job description.
- Buat budgeting untuk pembuatan program acara ini.
- Silahkan lengkapi dengan sample, apabila ingin mendapat nilai ++.


Kelompok : Girls Radio
Idenya menarik, dengan menajamkan segmen pada gadis usia 15 – 25 tahun, salah satu pasar yang paling potensial. Bentuk dan penampilan proposal bagus.

Masukan :
- Perlu diperhatikan bagaimana tingkat persaingan di pasar ini, siapa saja kompetitornya (bisa dilihat media lain berdasar jenis kelamin, atau usianya).
- Analisa SWOT yang telah dibuat bagus, tapi format penyajiannya dibuat secara ‘portrait’ saja, dengan penjelasan runtut sesuai unsure SWOT sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami.
- Sudah ada Analysis Plan Strategic untuk bagian Advertising dan Promotion, bagaimana dengan department lain ?
- Gunakan hasil survey yang terakhir/terbaru (2003), gunakan data yang sesuai dengan kebutuhan; populasi penduduk laki-laki dan perempuan di Jogja per kabupaten, kemudian populasi penduduk usia 15 – 25 th per kabupaten, dan sebutkan sumbernya.
- Struktur organisasi diperbaiki, di mana posisi Komisaris, Direktur, Penyiar, Reporter, Announcer ? Jangan melihat personil yang ada di kelompok, tapi lihat kebutuhan organisasi Anda.
- Buat program acara mingguan.


Kelompok : Program TV : Jejak Inspirasi Kehidupan
Ide cukup menarik, dengan mengembangkan beberapa materi yang hampir sama dan telah ada di media TV.

Masukan :
- Di awal proposal disebutkan adanya survey, bagaimana rencana survey potensi audience, sudah dilakukan ? Bagaimana pula dengan polling internet dan riset program acara TV ? Sampai tahap apa yang telah dilakukan, dan bagaimana hasilnya ? (Bila disertakan nanti menambah nilai +)
- Susunan/urutan penyajian proposal diperbaiki.
- Positioning dibuat lebih focus, sampaikan dengan kalimat singkat, padat, jelas, menarik, mudah diingat, sehingga maksimal hanya 5 kata.
- Bentuk program disebut sebagai ‘edutainment’, jelaskan di mana atau seperti apa bentuk edukasinya dan entertainment-nya.
- Jelaskan bagaimana criteria tokoh-tokoh yang bisa ditayangkan dalam program ini ?
- Sebutkan dalam 24 episode, siapa saja tokoh-tokoh yang akan ditayangkan dalam program ini ?
- Buat deskripsi acara dan rundown acara secara lebih detail (lihat contoh).
- Buat struktur organisasi, alur kerja, dan job description.
- Buat budgeting untuk pembuatan program acara ini.
- Bentuk proposal bisa lebih kreatif ?


Kelompok : Program Feature : Kolong Djogja
Gagasan bagus, dengan melihat peluang dibutuhkannya materi siaran yang tidak bisa dipenuhi oleh station TV yang semakin banyak (termasuk radio). Nilai lokalitas acara juga akan menjadi daya tarik tersendiri.

Masukan :
- Perlu diperjelas bagaimana bentuk kerjasama PH Anda dengan RBTV.
- Lengkapi dengan data-data tentang kerjasama yang bisa dilakukan antara PH luar RBTV dan RBTV, bagaimana persyaratannya, bagaimana kontraprestasinya, dsb.
- Lengkapi dengan data program acara RBTV, jangan sampai ada acara yang menjadi kompetitornya dalam satu station TV.
- Apa relevansi gambar kota Jogja dengan data lain yang ada di proposal ?
- Lengkapi target audience Anda dalam hal usia, karena yang ada baru dari SES-nya.
- Lengkapi data tentang tempat nongkrong yang ada di Jogja; berapa banyak, berapa lama, criterianya apa saja untuk bisa masuk dalam acara tersebut ?
- Positioning dibuat lebih focus, sampaikan dengan kalimat singkat, padat, jelas, menarik, mudah diingat, sehingga maksimal hanya 5 kata.
- Buat deskripsi acara dan rundown acara secara lebih detail (lihat contoh).
- Buat struktur organisasi, alur kerja, dan job description.
- Buat budgeting untuk pembuatan program acara ini.
- Bentuk proposal bisa lebih kreatif ?

Kelompok lain, tunggu dulu....segera saya upload.....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home