<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d19174234\x26blogName\x3dManajemen+Media+Penyiaran\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://media-penyiaran.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://media-penyiaran.blogspot.com/\x26vt\x3d-1145154740316700406', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Manajemen Media Penyiaran

Wednesday, November 30, 2005

lanjutan...Persiapan Tugas Akhir MMP


Kelompok : Ducil
Ide bagus, tinggal bagaimana implementasi dari konsep acara ini bisa berbeda dengan tayangan anak-anak lainnya.
Penampilan proposal cukup baik, bisa ditambah lagi kreatifitasnya.

Masukan :- Jelaskan mengapa yang disasar usia 5-15 tahun, lengkapi dengan data psikografis yang lebih detail, karena anak-anak dalam usia tersebut memiliki tahapan psikologi yang berbeda.
- Bagaimana bentuk kerjasama dengan PBA Sampoerna, sebutkan latarbelakang memilih PBA, dan apa saja persyaratan dari PBA.
- Data AC Nielsen terlalu umum, lengkapi dengan data penonton anak-anak (target audience), sehingga latar belakang lebih jelas.
- Susunan proposal diubah; latar belakang dulu, baru konsep dasar program. Uraian proposal tidak perlu dibuat terlalu panjang; tapi yang singkat, jelas, tidak perlu lama untuk memahami proposal yang ditawarkan.
- Segmentasi geografis diarahkan ke station TV yang Anda pilih, bagaimana coverage area-nya (sesuaikan dengan daerah yang memang potensial sebagai target market-nya). Data yang tidak relevan dibuang saja.
- Gambaran psikografis difokuskan ke target audience yang disasar. Dalam demografi, data dari Wikipedia tidak relevan, lebih tepat data tentang jumlah anak – rural/urban, pendidikan anak, dsb.
- Buat rundown acara dan budgeting untuk pembuatan program acara ini.
- Struktur organisasi dilengkapi, di mana producer ? Apa benar paling tinggi sutradara ?


Kelompok : TV Bocah
Ide bagus, belum ada media TV nasional yang secara khusus mengambil segmen ini, padahal peluang pasarnya cukup luas, karena target audience secarat tidak langsung menyasar ke orang tua pula.

Masukan :
- Lengkapi dengan data perkembangan psikologi anak usia 0 – 14 tahun sesuai target audience-nya, sehingga nanti akan ketahuan psikografis anak yang berbeda dalam range usia tertentu.
- Jelaskan mengapa yang dipilih hanya usia tersebut ?
- Dalam behaviouristik lengkapi dengan data ‘media habit’: kebiasaan nonton TV, berapa rumah tangga yang memiliki TV, dsb.
- Jelaskan dengan dukungan data mengapa memilih jam siaran antara pukul 11.00 – 19.00.
- Program yang ada tidak menggambarkan target yang disasar, yaitu anak-anak, orang tua dan guru.
- Buat prosentase target audience yang disasar, prosentase format acara, misal ; hiburan berapa %, nilai local berapa %, dsb.
- Lengkapi dengan struktur organisasi, job description dan alur kerjanya.
- Proposal bisa dibuat lebih kreatif ?


Kelompok : Radio Familia
Gagasan menarik, karena bisa melihat peluang yang ada dengan disertai data-data bukan sekedar asumsi.

Masukan :
- Dalam bagian per bagian uraiannya terlalu panjang, sehingga pembaca tidak langsung mengetahui point-point pentingnya. Buat saja dalam bentuk pointer-pointer dengan uraian yang singkat dan jelas.
- Penggambaran segmentasi juga terlalu banyak uraiannya, dipersingkat saja. Setelah segmentasi umum Solo diuraikan kemudian jelaskan segmentasi yang akan Anda sasar.
- Dalam analisa SWOT, yang dianalisa adalah : SW = lingkungan internal/radio Anda, OT = lingkungan eksternal/radio competitor.
- Buat jadwal program acara mingguan dalam bentuk table.
- Lengkapi dengan struktur organisasi, job description dan alur kerjanya.
- Proposal bisa dibuat lebih kreatif ?




Kelompok : Bedsie Petsie
Ide cukup menarik, yang penting jangan hanya karena pemikiran ‘idealisme’ atau ‘emosional’ sesuai dengan dunianya (dunia remaja).

Masukan :
- Coba dihitung kembali prosentase format acara di crosscheck dengan program acaranya dalam satu hari atau satu minggu, apakah prosentasenya memang sudah tepat ?
- Dari halaman pertama sampai empat halaman terakhir adalah format untuk company profile/data media, bukan proposal pengajuan program acara, tolong dibalik susunannya dan lengkap datanya.
- Segmentasi tidak dilengkapi data sama sekali, yang ditulis adalah asumsi kelompok Anda sendiri atau pengalaman empiris Anda dan hal ini tidak bisa dipakai sebagai data yang valid, segera lengkapi data yang mendukung segmentasi-nya dan mendukung target audience dan target market Anda.
- Struktur organisasi perlu dibenahi lagi, lengkapi dengan job description dan alur kerjanya.
- Proposal bisa dibuat lebih kreatif lagi.


Kelompok : Bintang Production
Gagasan menarik, karena akan memunculkan lagi program acara yang pernah menjadi program acara paling popular dan paling berpengaruh di era tahun 80-an.

Masukan :
- Bagus sudah melakukan survey meskipun masih kecil. Kelemahannya, pertanyaan yang diajukan kurang mengarah pada kebutuhan data yang akan diperlukan. Point pertanyaan terlalu sedikit. Kesimpulan dari hasil survey terkesan ‘mengada-ada’, misal : darimana Anda tahu responden lebih suka novel teenlit, sementara dalam questioner tidak disinggung masalah teenlit (hanya tertulis ‘diangkat dari novel yang lagi laris’, apakah kalimat ini = teenlit ???)
- Lengkapi materi pembuatan questioner-nya.
- Lengkapi dengan data-data lain, terutama tentang psikografis dan demografis dan target audience yang Anda tuju.
- Struktur organisasi diperbaiki, structural apa saja yang diperlukan dalam sebuah PH ? Lengkapi dengan job description dan alur kerjanya.
- Konsep program acara dibuat lebih jelas, tema cerita, pendukung acara, budget pembuatan program, rundown program, dsb.
- Proposal bisa dibuat dengan lebih kreatif lagi.


Kelompok : Program Radio 3 SKS
Usahakan kelompok ini bisa ketemu dengan saya dan kita bisa diskusikan tentang konsep program acara yang akan dibuat.


Kelompok : Radio Channel 5
Segera selesaikan draft questioner untuk melakukan survey terhadap audience.


Catatan :
- Bagi yang belum jelas, bisa kita diskusikan melalui e-mail. Please, kasih alamat e-mailnya atau no. hp-nya, sehingga bisa kasih informasi kalau sudah di e-mail.
- Untuk contoh rundown acara dan deskripsi acara, bisa kirim alamat e-mail ke saya, nanti saya kirim pakai attachment, soalnya kalau lewat blogspot ini agak besar kapasitasnya.
- Tugas buat se-kreatif mungkin, (dalam hal ini) jangan terlalu kaku dengan aturan pembuatan proposal sesuai tugas akademik lainnya.
- Terima kasih comment-nya, yang lain ditunggu. Kritikan, masukan, grundelan, uneg-uneg sampaikan saja, gak usah khawatir kalau jelek akan pengaruhi nilai, OK ?
 
- Selamat mengerjakan, sukses untuk semua !!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home