<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d19174234\x26blogName\x3dManajemen+Media+Penyiaran\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://media-penyiaran.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://media-penyiaran.blogspot.com/\x26vt\x3d-1145154740316700406', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Manajemen Media Penyiaran

Monday, December 05, 2005

Job Description

Bagaimana pembagian tugas, siapa/berapa personil yang dibutuhkan, menduduki jabatan sebagai apa, apa saja tugasnya, dan sebagainya merupakan tahapan pengorganisasian yang harus dilakukan di institusi Anda. Dalam job description ini Anda minimal menjelaskan tentang nama jabatan/posisinya, tujuan dari jabatan itu sendiri, tanggung jawab utamanya, serta jenis dan lingkup jabatan. Saya sertakan contohnya 1 yang lengkap, sementara lainnya hanya tujuan jabatan singkatnya.
Untuk institusi yang Anda buat, silahkan menyesuaikan dengan kebutuhan. Bisa jadi masing-masing institusi akan memiliki struktur yang berbeda. Jangan melihat berapa banyak personil kelompok Anda, tapi lihat apa saja kebutuhan dari usaha yang Anda buat.

Berikut ini sekedar contoh :


Station Manager

Tujuan Jabatan :

Bertugas untuk memimpin perusahaan sesuai dengan misi visi perusahaan, serta mengkoordinir karyawan agar menjalankan tugasnya masing-masing sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

Tanggung Jawab Utama :

1. Merencanakan dan menentukan tujuan perusahaan dan strategi yang diambil untuk mencapai target tersebut.
2. Mengatur personalia perusahaan, yang diatur dalam struktur yang jelas yaitu dalam bentuk struktur organisasi danmembagi setiap bagian dalam departemen yang berbeda dan dengan tugas yang berbeda pula.
3. Mengarahkan para karyawan untuk melaksanakan tugas mereka dengan antusias dan efektif.
4. Mengontrol kegiatan perusahaan termasuk mengembangkan kriteria untuk mengukur kesuksesan karyawan.


Jenis & Lingkup Jabatan :

1. Sebagai figure head (tokoh) tugasnya berkaitan dengan al-hal seremonial seperti menghadiri resepsi dan menandatangani dokumen-dokumen dan surat-surat.
2. Sebagai pemimpin; menciptakan suasana kerja yang baik yang dapat memotivasi para pegawainya.
3. Sebagai liason (penghubung); berinteraksi dengan rekan sekerja dan rekan bisnis baik di dalam maupun di luar kantor.
4. Memonitor informasi agar dapat mengetahui apa yangterjadi di perusahaan seperti :
- memeriksa laporan keuangan
- memeriksa laporan program
5. Menjadi sumber berita; memberitahukan informasi yang didapat dari luar kepada para pegawai.
6. Menjadi juru bicara; berwenang untuk berbicara kepada pihak luar tentang apa yang terjadi di station radio.
7. Memberikan inisiatif dan merancang perubahan yang terkontrol dan mengupayakan untuk menjadi dan mempertahankan posisi stasiun radio pada periangkat atas.
8. Mengatasi permasalahan yang terjadi di luar perencanaan atau peruabahan yang terjadi di luar kontrol; misal konflik yang terjadi antar divisi.
9. Menentukan prioritas pengeluaran dan penggajian.
10. Mewakili perusahaan dalam negoisasi kegiatan.

Program Director

Merumuskan dan menetapkan strategi programming siaran yang memenuhi bentuk format radio yang telah ditetapkan termasuk strategi aspek–aspek pendukung keberhasilan siaran radio, dengan memperhatikan kebutuhan pendengar sekaligus kebutuhan pengiklan, untuk mendukung pencapaian sasaran perolehan pendapatan dan jumlah pendengar dari Unit Radio Station dimana dia berada. Menyusun rencana kerja program siaran jangka pendek dan menengah, mengarahkan dan mengelola pengembangan & penerapan rencana kerja tersebut serta mengawasi dan mengevaluasi kinerja penyiaran dengan memperhatikan efektifitas dan efisiensi operasional penyiaran.


Producer

Menjamin kelancaran penyelenggaraan siaran sehingga mendukung pencapaian mutu/kualitas acara, jumlah pendengar dan usaha peningkatan pendapatan yang telah ditetapkan organisasi.


Administrasi Siaran

Membantu kelancaran operasional departemen siaran dengan melakukan pekerjaan kesekretariatan dan pengadministrasian demi kelancaran operasional departemen siaran dan pelaksanaan program siaran.


Music Director


Mencari, memilih, menentukan dan menyediakan lagu-lagu/musik yang sesuai dengan format radio yang telah ditetapkan, dan mengarahkan serta mengawasi pemutaran lagu-lagu agar senantiasa sesuai dengan kebutuhan pendengar, dalam rangka mempertahankan dan meraih jumlah pendengar baru dalam lingkup target audience yang telah ditetapkan.


Production

Mengoperasikan dan melakukan perawatan ringan atas peralatan studio rekaman untuk menghasilkan produk-produk acara rekaman / komersial / berita, dsb. sesuai dengan arahan dari Program Director.


Script Writer

Mencari dan menulis materi siaran yang siap diudarakan, serta mengarahkan penyampaiannya sesuai dengan rencana siaran yang ditetapkan Program Director.

Tanggung Jawab Utama :

1. Mengamati setiap peristiwa/berita/informasi yang relevan dengan format siaran agar dapat menghasilkan bahan siaran yang memenuhi kebutuhan pendengar sesuai dengan ketentuan dari Program Director.
2. Menuangkan hasil pengamatan / pencarian dalam bentuk naskah siaran yang siap diudarakan.
3. Menjamin tersedianya unsur produksi suatu acara yang akan diudarakan agar acara berlangsung sesuai dengan rencana.
4. Senantiasa membantu bagian lain bila diperlukan.

Announcer

Mempersiapkan dan menyiarkan program acara / program siaran sesuai dengan format radio yang telah ditetapkan, menurut jadwal tugas yang telah ditentukan oleh Program Director.

Tanggung Jawab Utama :

1. Melaksanakan siaran sesuai dengan konsep kreatif yang telah ditetapkan.
2. Senantiasa melakukan evaluasi dan pengembangan terhadap kualitas siaran yang dilakukan.
3. Bekerja sama dengan Program Director dan anggota tim kreatif siaran lain dalam melahirkan kreasi siaran yang paling memenuhi kebutuhan pendengarnya.
4. Menganalisa, mengikuti dan menerapkan perkembangan trend dalam siaran yang akan memenuhi kebutuhan pendengar.

Operator

Mengoperasikan dan melakukan perawatan ringan atas peralatan studio siaran, dan perangkat siaran luar untuk mendukung kelancaran pelaksanaan siaran harian.

Tanggung Jawab Utama :

1. Menjamin kelancaran operasi perlatan siaran dan operasi siaran luar.
2. Merawat keseluruhan peralatan siaran, dan peralatan siaran luar.
3. Memastikan kualitas audio siaran berlangsung sesuai dengan standar yang telah ditentukan.
4. Senantiasa membantu bagian lain bila diperlukan.


Reporter

Mencari dan menulis materi siaran yang siap diudarakan, serta mengarahkan penyampaiannya sesuai dengan rencana siaran yang ditetapkan Program Director.

Tanggung Jawab Utama :

1. Mengamati setiap peristiwa/berita/informasi yang relevan dengan format siaran agar dapat menghasilkan bahan siaran yang memenuhi kebutuhan pendengar sesuai dengan ketentuan dari Program Director.
2. Menuangkan hasil pengamatan / pencarian dalam bentuk naskah siaran yang siap diudarakan.
3. Menjamin tersedianya unsur produksi suatu acara yang akan diudarakan agar acara berlangsung sesuai dengan rencana.



Finance And Administration

Menyediakan informasi yang akurat dan mutakhir mengenai space iklan yang tersedia, melakukan pencatatan seluruh elemen siaran dalam order-siaran sesuai dengan sistem dan prosedur yang telah ditetapkan, serta membuat bukti siar iklan yang dilakukan secara cermat dan tepat.


Marketing Manager

Merumuskan dan menetapkan strategi periklanan dan promosi, menentukan kebijakan harga, mengontrol serta memotivasi personel, menentukan kebijakan sales, serta berusaha memenuhi keinginan pemasang iklan tanpa mengorbankan pendengar baik itu informasi tentang sebuah produk maupun image yang akan dibentuk. Sales Manager akan dibantu oleh AE (Account Executive) yang mengerti tentang periklanan, budget iklan, produksi dan penulisan iklan, serta bertanggung jawab untuk mencari dan mengurusi para pengiklan.


Marketing Administration


Menyediakan informasi yang akurat dan mutakhir mengenai space iklan yang tersedia, melakukan pencatatan seluruh elemen iklan dalam order-siaran sesuai dengan sistem dan prosedur yang telah ditetapkan, serta membuat bukti order serta siar iklan yang dilakukan secara cermat dan tepat.

1 Comments:

  • At 9:38 PM, Blogger Vannila said…

    Maaf kak, boleh tolong cantumkan sumbernya? agar lebih kuat untuk dijadikan referensi. terima kasih.

     

Post a Comment

<< Home